Rahasia Iga Sapi Empuk

Rahasia Iga Sapi Empuk
Rahasia Iga Sapi Empuk
SELAIN dibuat sop, iga sapi juga enak untuk diolah barbeque. Namun sebelum dijadikan santapan lezat, penting untuk memerhatikan tingkat keempukan iga agar momen bersantap terasa memuaskan.

"Iga sapi termasuk makanan yang paling mudah untuk diolah ketimbang bahan makanan yang lainnya, tapi Anda harus tahu betul memasak daging iga sapi yang benar," kata Chef Vindex Tengker selaku Executive Chef Hotel Dharmawangsa saat dihubungi okezone, baru-baru ini.

Salah seorang juri MasterChef Indonesia ini menerangkan, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengeluarkan daging iga sapi dari lemari pendingin. Kemudian, tempatkan daging di 'lokasi' yang aman, yakni jauh dari aroma lain. Sebab, iga sapi mudah sekali tercampur dengan bau di sekitarnya. Selain itu, rebus iga sapi.

"Tahap ini berfungsi melemaskan otot-otot maupun marbling pada daging iga sapi. Tetapi sebelum iga dimasukkan, air yang akan digunakan untuk merebus haruslah sudah mendidih," lanjutnya.

Jika Anda memasukkan iga sapi dalam keadaan air masih dingin, maka daging akan rusak. Bakteri pada daging akan tetap menempel, ini juga berpengaruh pada rasanya.

Perhatikan takaran air yang digunakan. Pastikan daging benar-benar terendam di dalam air. Dan selama perebusan, gunakan api kecil agar proses pematangan bisa sempurna.

"Jika Anda mau membuatnya dengan cara dibakar, digoreng, atau dibuat sup maka perebusannya jangan terlalu lama, cukup 10 menit. Dalam perebusan, apakah Anda mau menggunakan bumbu atau tidak, itu tergantung selera," tutupnya.

Komentar

Resep Populer